Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Tabita-Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan


Tabita Baby Spa - Anak Susah makan adalah Permasalahan yang Sering dikeluhkan orang tua,terutama para ibu. Berbagai cara seolah tidak berhasil dilakukan untuk mengatasi Anak yang sulit makan.Bahkan jarang para Ibu-ibu menjadi stres dalam menghadapi Buah hatinya,Setiap ibu selalu dihinggapi Kekhawatiran soal Kecukupan Gizibuah hatinya,Belum lagi kalau anak susah makan atau maunya hanya makanan makanan tertentu Bikin makin Pusing Nih ya.....

      Ketika Sikecil Berusia 6 bulan saatnya mulai memberikan Makanan Pendamping Asi,Saat saat Inilah Anda Harus semakin cermat memperhatikan pola makananya Mulai Memberinya Bubur susu,sari buah Lalu bertahap ketekstur makanan yang lebih padat,Seperti Nasi Tim dan lain sebagainya. sayangnya Proses ini tak selalu berjalan mulus,ada-ada saja penyebab yang membuat sikecil susah makan dan biasanya ini erjadi pada bayi yang usianya memasuki tahun pertama.Masalah yang timbul Biasanya seperti; Menolak makanan,tidak suka sayur dan hanya mau makan yang itu itu saja (Picky Eater), Atau Hanya mengemut makanan kelamaan.
      
      Kondisi Seperti inilah yang membuat Ibu Semakin Khawatir akan Kecukupan gizinya ,Mengingat mereka masih dalam masa tumbuh kembang,Perlu Diketahui Anak Sangat memerlukan asupan Nutrisi yang seimbang dan teratur,hal tersebut sebagai faktor penentu pertumbuhan mereka, Mari Bunda Kita simak Penyebab dan Solusinnya untuk Mengatasi anak Susah makan.

          #PENYEBAB ANAK SUSAH MAKAN:

1. Kehilangan Selera makan
       Memasuki usia  satu tahun,anak kita mulai menunjukan keinginan dalam makanan,misalnya pasa suatu hari anak hanya makan ayam saja lalu dalam waktu sepekan kemudian tidak mau makan dengan ayam sama sekali tetapi hanya makan buah buahan.
       Sahabat Tabita Baby spa tidak usah khawatir tentang hal ini yang penting dapat membuat makanan yang lebih bervariasi supaya anak kita menjadi lebih tertarik dan penasaran ingin memakanya.
       Memasuki usia dua tahun anak lebih suka berlari kesana kemari sehingga rewel ketika disuruh makan. Menghadapi anak seperti ini  sebaiknya Bunda memberi makanan yang padat bergizi dan lengkap tetapi porsinya lebih kecil.

2. Rasa Ingin tahu yang Besar
       Fase perkembangan ditandai dengan rasa ingin tau yang lebih besar,Jika anak anda mulai bosan makan dengan cara disuapi,Maka Bunda harus membiarkanya untuk makan sendiri atau bereksplorasi sebab pada tahap ini anak cenderung menginginkan hal yang baru dalam perkembanganya.

3. Sedang Tumbuh Gigi
       Ada pula penyebab anak yang tidak mau makan, yang disebabkan oleh gangguan fisik sehingga mempengaruhi minat makanya,misalnya saat anak mulai tumbuh gigi.

4. Sedang batuk dan pilek
       Penyebab anak sulit makan bisa dikarenakan oleh kondisi tubuh mereka yang tidak stabil,dalam artian anak dalam kondisi tidak enak badan seperti batuk dan pilek.
       Susah makan yang sifatnya sederhana,misalnya sedang sakit biasanya tidak sampai menunjukan dampak yang berarti pada kesehatan dan tumbuh kembang anak.Dampak yang cukup berarti baru akan muncul pada kondisi susah makan yang berat dan lama.
       Untuk jangka pendek dampak yang bisa terjadi seperti keadaan kekurangan energi Akut dan Hipoglikemia(Kadar gula darah kurang) Berkeringat dingin,kejang dan pingsan.Sedangkan dalm jangka waktu lama,susah makan akan berakibat hambatan tumbuh kembang(Failure to Thrive),Kurang gizi,Vit A,Kekurangan yodium dan mineral lainya,anemia defisensi besi,kecerdasan dan kekebalan tubuh menurun.

5. Mengkonsumsi Cemilan
        Penyebab lain anak tidak mau makan yaitu disebabkan anak sudah banyak makan cemilan,Nah yang perlu dicermati adalah camilan apa saja yang dimakan? Jika camilan tidak lengkap gizi maka meskipun anak merasa tidak lapar tetapi disisi lain tidak dapat mendapatkan cukup gizi.
        Untuk itu perlu dibuat jadwal makan sehari hari agar anak makan teratur dan mendapatkan zat gizi yang lengkap,termasuk memasukan menu makan utama dan camilan.

6.menunjukan Keakuanya
        Anak usia 3-4tahun mulai massuk fase negatifistik yaitu menolak makan karena menunjukan keakuanya,Bunda bisa mensiasatinya dengan menyajikan makanan semenarik mungkin sehingga anak menolak makanan yang diberikan.
        Bisa jadi anak tidak mau makan karena sudah terlalu banyak mengkonsumsi makanan selingan,untuk itu Bunda harus mengatur supaya anak tidak terlalu sering jajan.

7. Makan manis Sebelum jadwal Makan.
        Apa yang terjadi jika anda makan cokelat yang manis(atau makanan manis lainya) Sesaat sebelum makan nasi?Bisa dipastikan kita akan malas makan makanan utama(Nasi) , Kenapa Seperti itu???  karena rasa manis dalam makanan seperi cokelat serta makanan manis lainya tinggi kalori serta memberi efek kenyang sesaat.
        Jika Sesaat sebelum makan makanan utama anak anda suka ngemil cokelat maka efeknya Merreka akan malas makan makanan utama,Sebagai orang tua anda perlu membuat jadwal kapan sikecil diperbolehkan makan cokelat atau es krim  dan makanan manis lainya.Hindari makan makanan manis sesaat sebelum makan,Jika ini anda lakukan,maka anak anda akan lebih lahap dalam memakan makanan utama mereka.


       #SOLUSI DAN CARA MENGATASI ANAK SUSAH MAKAN:

1.Coba sajikan makanan dalam porsi kecil.
        Ingat, lambung si kecil belum mampu menampung makanan terlalu banyak, jadi berikan ia makanan sedikit demi sedikit.

2. Variasi makanan.
       Cobalah buat beberapa pilihan menu makanan, lalu biarkan buah hati Anda memilih makanan yang   ia sukai. Biasanya anak lebih suka dengan makanan pilihannya.

3. Sajikan dengan menarik
        Setelah menyajikan banyak pilihan, sajikan dengan tampilan menarik. Misalnya, mencetak nasi gorengnasi goreng dalam cetakan teddy bear atau bebek kecil. Untuk contoh resep anda bisa mengikuti resep nasi goreng berikut: Resep Nasi Goreng Rumahan SpesialResep Nasi Goreng Rumahan Spesial

4. Jadikan saat makan menyenangkan
        Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Dan bukan tak mungkin menimbulkan trauma psikologis baginya.

5. Makan teratur
         Jadwalkan waktu makan dengan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya dengan waktu tidur, mandi dan sebagainya.

6. Beri cemilan sehat
         Setelah bisa berjalan, si kecil gemar bereksplorasi dengan lingkungannya. Apalagi ketika memasuki usia 2 tahun, aktivitasnya semakin banyak saja. Ini mungkin membuatnya sulit untuk duduk manis dan makan dengan tenang. Untuk menyiasatinya, berikan ia cemilan sehat dalam porsi kecil namun beragam. Misalnya saja bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, sus mini isi fla coklat, donat tabor keju, dan sebagainya.

7. Hindarkan gaya memaksa dan mengancam dalam membujuk anak.
         Selama waktu makan, minimalkan gangguan, misalnya matikan televisi dan jauhkan buku atau mainan dari meja makan.

8. Libatkanlah anak anda untuk menyiapkan makanan.
         Misalnya dengan meminta pertolongannya untuk mengambilkan buah atau sayur di swalayan maupun membantu menyiapkan meja makan. Selain itu, anak anda memerlukan contoh dari orang tuanya. Bila anda mengkonsumsi makanan sehat, maka anak akan mencontoh pola makan anda sebagai orang tua.

9. Hindari memberi iming-iming makanan penutup sebagai hadiah.
         Hal ini dapat menyiratkan bahwa makanan penutup merupakan makanan yang paling enak dan baik untuk anak. Selain itu, dapat meningkatkan keinginan mengkonsumsi makanan manis bagi anak. Anda dapat memberikan makanan penutup selama 2 hari dalam seminggu, sedangkan pada pekan berikutnya tidak anda berikan. Buah, yogurt atau makanan sehat lain dapat anda ganti sebagai makanan penutup.

10. Batasi pemberian minuman di sela-sela waktu makan.
         Minuman rendah lemak maupun jus buah segar memang penting untuk anak, namun bila ananda terlalu banyak minum, tidak akan ada tempat yang cukup untuk makanan maupun kudapan sehat yang bisa masuk ke perut anak.

Demikian Pengertian dan Manfaat tentang Pregnancy Massage (Pijat Untuk Ibu Hamil), Semoga Bermanfaat bagi Bunda Bunda yang sedang menjalani terapi Pijat Ibu hamil.Terima Kasih 
#Baca Juga Manfaat Berenang untuk Bayi Sejak usia Dini
Semoga Bermanfaat! Tabita Baby Spa


0 comments:

Posting Komentar

Email Hosting