8 Buah yang Baik Untuk Makanan Pendamping Asi (MPASI)

Tabita Baby Spa - 8 Buah yang Baik untuk Makanan Pendamping Asi (MPASI)

Tabita Baby Spa - Apa itu MPASI? Mpasi atau Makanan Pendamping Asi adalah makanan yang mudah dikonsumsi dan dicerna oleh bayi dan yang menyediakan nutrisi tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi pada bayi yang sedang bertumbuh.
     ASI Merupakan makanan yang paling baik untuk bayi, Namun selepas 6 bulan Bayi membutuhkan lebih banyak Vitamin,Mineral,Protein dan Karbohidrat.Kebutuhan gizi yang tinggi tidak bisa hanya didapatkan dari ASI, Maka dari itu perlu makanan pendamping ASI (MPASI).

# BERIKUT 8 BUAH YANG BAIK UNTUK (MPASI)

 1.Pisang
Tabita Baby Spa -Pisang

    Buah Pisang hampir semua orang menyukainya begitu juga dengan bayi.Kandungan yang terdapat pada buah pisang yaitu Fosfor,Kalium,Asam folat dan juga Vitamin A Yang baik untuk Kesehatan Sibuah Hati.
    Penyajian pisang pada tahap pengenalan MPASI adalah dengan mengeruk daging buah pisang hingga lembut,kemudian sajikan pada bayi. Pisang juga dapat dibuat campuran bubur atau Pure sehingga menambah rasa dan tidak membuat bayi bosan.

2.PEPAYA
Tabita Baby Spa -Pepaya

   Kandungan yang dimiliki buah pepaya seperti Zat Bezi & Asam Folat sangat baik untuk membantu perkembangan otak bayi. Kandungan Kalsium dan Zink yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan kandungan Enzim Papain sangat baik untuk melancarkan pencernaan.
   Bunda dapat memperkenalkan pepaya dengan cara mengeruk dagingnya seperti halnya pisang. lalu disajikan pada buah hati.

3.Jeruk
Tabita Baby Spa -Jeruk

   Bunda gak perlu khawatir pada rasa asam jeruk,karena kandungan gizi jeruk sangat bagus untuk buah hati kita.Yaitu Kalsium,Kalium,Vitamin C,Vitamin A,Serat dan Asam Folat yang baik untuk kesehatan bayi.
   Bunda dapat memilih jeruk yang manis,dalam penyajianya bunda dapat membelahnya kemudian peras airnya lalu berikan pada bayi.Pemberian secara langsung(Irisan Buah Jeruk) Belum disarankan karenateksturnya masih sulit dicerna oleh bayi.

4.Tomat
Tabita Baby Spa -Tomat

   Tomat termasuk buah pertama yang baik untuk MPASI,Kandungan yang dimiliki tomat antara lain Kalsium,Natrium,Serat,Magnesium,Asam Folat dan juga Vitamin A.
   Bunda dapat memperkenalkan buah tomat sebagai campuran bubur sehingga memiliki rasa yang berbeda, Jadikan tomat sebagai pelengkap atau sebagai saus yang disajikan bersama bubur.

5.Pir
Tabita Baby Spa -Pir

   Buah memang Banyak yang bisa dijadikan sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi antara lain buah pir , Kandungan gizi yang terdapat pada buah Pir Fosfor,Kalium,Kalsium dan VItamin C. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan bayi.
   Bunda bisa menyajikanya dengan cara memotong kecil-kecil buah pir,kemudian kukus sampai lunak,Atau bisa juga dihaluskan menggunakan Blender.

6.Apel
Tabita Baby Spa -Apel

   Kandungan yang terdapat pada buah apel sangat banyak antara lain Fosfor,Kalsium,Magnesium,Vitamin A dan Vitamin C. yang sangat bagus untuk pertumbuhan Sibuah hati kita.
   Bunda bisa menyajikan dengan cara Kupas kulit apel lalu potong kecil-kecil sesudah itu kukus sampai lunak,lalu lumatkan dengan sendok atau blender.sajikan dalam bentuk Pure,Bisa juga dijadikan Finger Food tanpa perlu dilumat lagi.

7.Alpukat

Tabita Baby Spa -Alpukat

   
Siapa sih bund..yang gak tau buah yang satu ini, Alpukat ternyata bisa dijadikan makanan pendamping asi untuk bayi kita, kandugan yang terdapat pada buah alpukat antara lain Vitamin A & C,Kalsium,Magnesium. Nutrisi dalam buah Alpukat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan motorik bagi bayi.
   Bunda Bisa Menyajikan dengan cara membuatnya menjadi bubur dengan cara menghaluskan buah alpukat menggunakan blender atau Food Processor sampai halus lalu campurkan dengan asi atau susu formula agar teksturnya lebih kental dan lembut. untuk alpukat tebal dan lebih keras teksturnya (baik untuk bayi berusia diatas 10 Bulan) cara menghaluskanya bisa menggunakan Garpu.

8.Jambu & Wortel
Tabita Baby Spa -Jambu dan Wortel

   Tidak cuma Alpukat bunda,Ternyata Jambu biji dan wortel juga bisa dijadikan makanan pendamping asi untuk bayi.Kombinasi buah Jambu dan Wortel tentu mempunyai kandungan gizi yang lebih Lengkap,Yaitu Vitamin A & C,Karbohidrat,Serat dan Kalsium.
   Bunda gak perlu khawatir ,Soalnya cara membuatnya cukuplah mudah Dengan Menghaluskan jambu merah kemudian merebus wortel menggunakan air lalu tuangkan pada mangkok yang telah berisi jambu lunak lalu aduk lagi dan siap disajikan pada buah hati kita.

Demikian 8 Buah yang baik untuk makanan pendamping Asi. Semoga bermanfaat bagi bunda yang sedang mencari Referensi Untuk Membuat Makanan pendamping asi (MPASI) untuk Si Buah Hati.
 Terima Kasih.
Semoga Bermanfaat Tabita Baby Spa

2 komentar:

Email Hosting