Manfaat Pijat Untuk Ibu Hamil (Pregnancy Massage)

Tabita-Manfaat Pijat Untuk Ibu Hamil (Pregnancy Massage)

Tabita Baby spa - Pijat untuk ibu hamil (Pregnancy Massage) adalah salah satu jenis perawatan yang ada diSpa Ibu hamil.Untuk jenis pijatanya akan disesuaikan dengan perubahan perubahan yang terjadi pada Ibu hamil. Misalkan ; ada gejala pegal pegal dibagian bahu,punggung serta tungkai Maka Dibagian bagian tersebut akan mendapatkan pijatan Intensif.
    
      Bukan hanya itu saja ,Bahkan posisi pijat untuk ibu hamil pun ada tempat khusus, yakni seperti berbaring miring kemudian diganjal dengan bantal atau bahkan dengan posisi duduk.Teknik pemijatan dilakukan perlahan, memiliki irama serta terkendali. Kombinasi antara memutar, menekan, menggosok, sampai mengusap bagian yang tengah di pijat.
    
      SetelahMelakukan terapi Pijat Ibu hamil Biasanya Keluhan-Keluhan yang dialami Ibu hamil tersebut akan berkurang setelah menjalani Terapi Pijat ini.Maklum Seiring bertambahnya usia kehamilan tentu perut pun akan semakin besar dan membuat wanita hamil semakin merasa kelelahan, Kelelahan yang sering timbul yaitu didaerah punggung dan kaki, hingga tidak sedikit wanita hamil yang mengalami bengkak pada kakinya.
     
      Pijat ibu hamil bukan tidak memiliki manfaat, malahan ibu hamil akan mendapatkan banyak manfaat ketika mereka melakukan pijat ibu hamil. Dan berikut ini beberapa Manfaat yang akan di dapatkan oleh ibu hamil ketika melakukan pemijatan, yaitu sebagai berikut:
  • Mengurangi ketegangan otot
  • mengurangi sakit pada punggung dan leher
  • Membuat otot vagina lebih fleksibel
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Menstimulasi kelenjar-kelenjar dalam tubuh, sehingga bisa menstabilkan hormon
  • Memberikan kehangatan pada janin
  • Mengurangi kram otot, kekejangan dan sakit otot terutama dipinggul, leher, pinggang dan kaki
  • Meningkatkan sirkulasi kelenjar getah bening, sehingga akan mengurangi pembengkakan
  • Meningkatkan kekuatan kulit dan jaringan bawah kulit
  • Memberikan dukungan fisik dan emosional bagi ibu baru
     Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pijat yang dilakukan benar benar memberikan dampak positif dan Manfaat bagi wanita hamil.Diantaranya Sebagai berikut:


1.      Jangan melakukan pemijatan pada trisemester pertama kehamilan
Hal ini dikarenakan pada trisemester pertama, pemijatan justru akan meningkatkan sirkulasi darah. Pemijatan pada masa ini bisa menyebabkan wanita hamil akan sering pusing, sulit bangun pagi, bahkan bisa memperburuk morning sickbess yang sedang dialaminya.

2.      Jangan memijat pergelangan kaki dan antara jempol dan telunjuk
Daerah tersebut dikenal sebagai reflexology points yang dipercaya sebagai daerah yang tidak boleh dipijat.

3.      Pilih tempat yang bersetifikat
Apabila anda ingi melakukan terapi pijat ditempat kebugaran, pilihlah tempat yang bersetifikat. Karena hal itu bisa menjamin bahwa pemijatnya telah menjalani pelatihan dan mengetahui cara yang baik dalam pemijatan.

4.      Pijat untuk wanita hamil beda dengan pijatan biasa
Orang yang melakukan pemijatan pada wanita harus khusus, karena tidak semua pemijat bisa memijat wanita hamil. Pemijat pada wanita harus punya pengetahuan tentang kehamilan dan anatominya, kehati-hatian pemijat sangatlah penting demi keselamatan calon ibu dan bayinya  dan pemijat harus tahu bagian mana yang tidak boleh dipijat.

5.      Posisi harus aman
Biasanya posisi saat dipijat bisa berbaring dengan posisi sedikit bersandar karena hal tersebut bisa membuat nyaman ibu hamil serta janin yang dikandungnya. Jangan menggunakan meja pijat yang berlubang tengahnya, hal itu menyebabkan tekanan pada pinggul.

6.      Ruangan harus nyaman
Ruangan pemijatan harus bisa memberikan rasa nyaman pada ibu hamil. Pada beberapa tempat pemijatan biasanya akan menyediakan musik khusus dan memakai beberapa lilin dengan aroma terapi yang akan menambah kenyamanan.

7.      Kondisi khusus
Terapi pijat bisa dilakukan oleh semua wanita hamil, baik kehamilan pertama, kedua dan seterusnya. Meskipun demikian pemijatan dilarang dilakukan pada beberapa kondisi, seperti kehamilan dengan komplikasi. Jika ingin melakukan terapi pijat sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Langganan anda.

Demikian Pengertian dan Manfaat tentang Pregnancy Massage (Pijat Untuk Ibu Hamil), Semoga Bermanfaat bagi Bunda yang sedang menjalani terapi Pijat Ibu hamil. Terima Kasih.
#Baca Juga Manfaat Berenang untuk Bayi Sejak usia Dini
Semoga Bermanfaat! Tabita Baby Spa

0 comments:

Posting Komentar

Email Hosting